Tips dari Psikolog Untuk Menjaga Pernikahan Agar Terhindar Dari Perselingkuhan
Sumber: canva.com

Marriage / 31 May 2024

Kalangan Sendiri

Tips dari Psikolog Untuk Menjaga Pernikahan Agar Terhindar Dari Perselingkuhan

Jery Patampang Official Writer
576

Setiap hubungan memiliki potensi untuk mengalami perselingkuhan, termasuk micro cheating. Micro cheating adalah tindakan yang tampak sepele namun bisa merusak kepercayaan dalam hubungan.

 

BACA JUGA : Mengenal Micro Cheating, Jenis Perselingkuhan yang Kadang Tidak Disadari

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya? 

Jovita Ferliana, seorang Psikolog Anak Remaja, dan Keluarga serta penulis buku memberikan tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pernikahan agar terhindar dari perselingkuhan atau micro cheating.

1. Harus Berada di Perahu yang Sama tentang Komitmen

Perasaan dalam hubungan dapat naik dan turun, namun yang menjaga hubungan tetap kuat adalah komitmen.

“kalau perasaan cinta kasih ini turun, yang menjaga itu adalah komitmen, kita ingat di altar dipersatukan Tuhan, tahu apa yang dipersatukan Tuhan tidak bisa dipisahkan manusia” kata Jovita Ferliana   

Komitmen berarti bersedia menghadapi segala masalah, kesulitan, dan bahaya bersama pasangan. Dalam pernikahan, komitmen adalah keputusan untuk tetap bersama, apapun yang terjadi.

2. Kejujuran dan Keterbukaan

Diskusikan secara terbuka bagaimana pandangan masing-masing tentang berbagai hal. 

Mulai dari hal kecil hingga masalah pelik seperti keuangan, tradisi keluarga, dan hubungan seksual, semuanya perlu dibicarakan. 

“ga ada yang tabu, kalau mau nikah itu semua harus  terbuka” ungkap Jovita Ferliana 

 

BACA JUGA: Tanda-tanda Micro Cheating yang Harus Diperhatikan Agar Tak Jadi Perselingkuhan

 

3. Komunikasi yang Baik Tanpa Gangguan

Ciptakan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan meskipun sibuk. “namanya komunikasi dan waktu yang diciptakan itu ga perlu banyak-banyak, dikit aja tapi di maintain” kata Jovita Ferliana   

Contohnya adalah dengan melakukan sebelum tidur atau pillow talk dan ketika sarapan atau morning talk, yang dapat menjaga kedekatan emosional.

4. Kebesaran Hati untuk Mau Diingatkan oleh Pasangan

Ketika pasangan mengingatkan, jangan egois atau ingin menang sendiri. Cobalah memahami apa yang ingin disampaikan pasangan. Ini menunjukkan kebesaran hati dan kemauan untuk memperbaiki diri demi kebaikan bersama.

5. Doa dan Baca Alkitab Bersama

Melakukan doa bersama dan membaca Alkitab bersama dapat memperkuat hubungan. Sebagai manusia, kita bisa membuat kesalahan. Dengan doa dan membaca Alkitab, kita diingatkan bahwa tindakan yang salah di hadapan Tuhan harus dihindari. Aktivitas ini juga mengingatkan kembali komitmen kita di hadapan Tuhan dan pasangan.

Dengan melakukan tips-tips ini, Anda dapat menjaga pernikahan dari perselingkuhan dan micro cheating, serta memperkuat ikatan dengan pasangan.

Sumber : Jovita Maria Ferliana
Halaman :
1

Ikuti Kami